Strategi pembelajaran haruslah dapat memancing siswa untuk dapat
berpikir lebih tinggi dan kreatif untuk meningkatkan tingkat pemahaman,
memecahan masalah itu sendiri maupun kaitannya dengan ilmu pengehtahuan
lain dan menumbuhkan rasa percaya diridan ketertarikan siswa sehingga
tumbuh sikap keingintahuan yang positif.
Dari hal itu pergeseran
paradigm pendidikan memecahan suatu model pembelajaran yaitu
investigasi kelompok. Kegiatan belajar akan bermakna jika siswa lebih
aktif dan materi yang diperoleh dalam proses pembelajaran dikembangan
berbeda sehingga lebih mudah dipahami seperti apa yang diuraikan dalam
teori yang mendukung pembelajaran model investigasi kelompok.
Melalui model ini siswa tidak hanya hanya sebagai pendengar
saja tetapi siswa mampu memberikan jawaban akhir untuk menyelesaikan
soal dengan cara yang berbeda untu menemukan konsep dengan caranya
sendiri, sehingga pembelajaran lebih bermakna. Melalui model ini siswa
tidak hanya sebagai penonton dan guru bukan hanya memberikan jawaban
ahir untu menyelesaikan soal kepada siswa, tetapi guru berperan sebagai
pengatur agar siswa mampu berpikir sendiri dan memecahkan masalah yang
dihadapinya dan menemukan sendiri konsep matematikadan apliasinya
kemudian guru memberian arahan agar tida terjadi salah pemahaman konsep
sehingga guru sebagai fasilitator. Dengan demiian pembelajaran dengan
menggunakan model investigasi kelompok pada mata pelajaran matematika
dianggap mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
Home »
» Hubungan model pembelajaran investigasi kelompok terhadap konsep pemahaman siswa
Hubungan model pembelajaran investigasi kelompok terhadap konsep pemahaman siswa
Posted by Unknown
Posted on 19.14
with No comments
0 komentar:
Posting Komentar