Home » » ABSTRAK PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG NEGARA-NEGARA ASEAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI SDN I CIJEUNGJING KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada pokok bahasan negara-negara Asean di kelas VI SDN 1 Cijeungjing. Hal ini disebabkan : 1) Proses pembelajaran IPS materi Negara-negara Asean tidak dilaksanakan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan aktivitas yang bermakna, sehingga pembelajaran yang tampak mencerminkan (teacher centered) dengan menjejali siswa materi-materi dengan menggunakan metode ceramah, 2) Dalam menjelaskan materi tidak menggunakan media yang relevan dengan materi sehingga materi yang disampaikan verbalistis, 3) Pembelajaran IPS materi Negara-negara Asean tidak direncanakan dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan aspek keterampilan sosial siswa dengan sesama temannya, 4) Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Negara-negara Asean belum mencapai KKM yang ditentukan. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru menggunakan model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat melakukan interaksi sosial dan berkomunikasi dengan sesamanya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran yang sesuai dengan gambaran tersebut adalah Model Cooperative Learning Type STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas adaptasi dari model Kemmis dan M.C. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dari perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini dilakukan di Kelas VI SDN 1 Cijeungjing, yang terdiri dari 15 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil observasi kinerja guru membuat RPP mengalami peningkatan pada siklus I 76% dan pada siklus II 92%. Dalam pelaksanaan pembelajaran juga ada peningkatan, yakni pada siklus I 75%, sedangkan pada siklus II 90%. Hasil belajar siswa juga ada peningkatan yakni pada Siklus I 75%, sedangkan pada siklus II 91%, dan aktivitas siswa pada pembelajaran juga ada peningkatan siklus I 74% sedangkan pada siklus II 91%.Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning Type STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang Negara-negara Asean. Kata Kunci : Model Cooperative Learning Type STAD, Negara-negara Asean Anda sedang membaca artikel tentang CONTOH ABSTRAK PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG NEGARA-NEGARA ASEAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI SDN I CIJEUNGJING KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS dan anda bisa menemukan artikel CONTOH ABSTRAK PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG NEGARA-NEGARA ASEAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI SDN I CIJEUNGJING KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS ini dengan url http://belliacantika.blogspot.com/2014/09/contoh-abstrak-penggunaan-model.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel CONTOH ABSTRAK PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG NEGARA-NEGARA ASEAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI SDN I CIJEUNGJING KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS ini jika memang bermanfaat bagi anda atau teman-teman anda,namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.

ABSTRAK PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG NEGARA-NEGARA ASEAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI SDN I CIJEUNGJING KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada pokok bahasan negara-negara Asean di kelas VI SDN 1 Cijeungjing. Hal ini disebabkan : 1) Proses pembelajaran IPS materi Negara-negara Asean tidak dilaksanakan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan aktivitas yang bermakna, sehingga pembelajaran yang tampak mencerminkan (teacher centered) dengan menjejali siswa materi-materi dengan menggunakan metode ceramah, 2) Dalam menjelaskan materi tidak menggunakan media yang relevan dengan materi sehingga materi yang disampaikan verbalistis, 3) Pembelajaran IPS materi Negara-negara Asean tidak direncanakan dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan aspek keterampilan sosial siswa dengan sesama temannya, 4) Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Negara-negara Asean belum mencapai KKM yang ditentukan. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru menggunakan model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat melakukan interaksi sosial dan berkomunikasi dengan sesamanya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran yang sesuai dengan gambaran tersebut adalah Model Cooperative Learning Type STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas adaptasi dari model Kemmis dan M.C. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dari perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini dilakukan di Kelas VI SDN 1 Cijeungjing, yang terdiri dari 15 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil observasi kinerja guru membuat RPP mengalami peningkatan pada siklus I 76% dan pada siklus II 92%. Dalam pelaksanaan pembelajaran juga ada peningkatan, yakni pada siklus I 75%, sedangkan pada siklus II 90%. Hasil belajar siswa juga ada peningkatan yakni pada Siklus I 75%, sedangkan pada siklus II 91%, dan aktivitas siswa pada pembelajaran juga ada peningkatan siklus I 74% sedangkan pada siklus II 91%.Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning Type STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang Negara-negara Asean. Kata Kunci : Model Cooperative Learning Type STAD, Negara-negara Asean Anda sedang membaca artikel tentang CONTOH ABSTRAK PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG NEGARA-NEGARA ASEAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI SDN I CIJEUNGJING KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS dan anda bisa menemukan artikel CONTOH ABSTRAK PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG NEGARA-NEGARA ASEAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI SDN I CIJEUNGJING KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS ini dengan url http://belliacantika.blogspot.com/2014/09/contoh-abstrak-penggunaan-model.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel CONTOH ABSTRAK PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG NEGARA-NEGARA ASEAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI SDN I CIJEUNGJING KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS ini jika memang bermanfaat bagi anda atau teman-teman anda,namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.

ABSTRAK
PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG NEGARA-NEGARA ASEAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada pokok bahasan negara-negara Asean di kelas VI SDN 1 Cijeungjing.  Hal ini disebabkan : 1) Proses pembelajaran IPS materi Negara-negara Asean tidak dilaksanakan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan aktivitas yang bermakna, sehingga pembelajaran yang tampak mencerminkan (teacher centered) dengan menjejali siswa materi-materi dengan menggunakan metode ceramah, 2) Dalam menjelaskan materi tidak menggunakan media yang relevan dengan materi sehingga materi yang disampaikan verbalistis, 3) Pembelajaran IPS materi Negara-negara Asean tidak direncanakan dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan aspek keterampilan sosial siswa dengan sesama temannya, 4) Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Negara-negara Asean belum mencapai KKM yang ditentukan. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru menggunakan model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat melakukan interaksi sosial dan berkomunikasi dengan sesamanya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran yang sesuai dengan gambaran tersebut adalah Model Cooperative Learning Type STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas adaptasi dari model Kemmis dan M.C. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dari perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini dilakukan di Kelas VI SDN 1 Cijeungjing, yang terdiri dari 15 orang siswa.  Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil observasi kinerja guru membuat RPP mengalami peningkatan pada siklus I 76% dan pada siklus II 92%. Dalam pelaksanaan pembelajaran juga ada peningkatan, yakni pada siklus I 75%, sedangkan pada siklus II 90%.  Hasil belajar siswa juga ada peningkatan yakni pada Siklus I 75%, sedangkan pada siklus II 91%, dan aktivitas siswa pada pembelajaran juga ada peningkatan siklus I 74% sedangkan pada siklus II 91%.Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning Type  STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang Negara-negara Asean.
Kata Kunci : Model Cooperative Learning Type  STAD, Negara-negara Asean 

0 komentar:

Posting Komentar