Beberapa jenis data utama yang
dikumpulkan serta cara pengumpulannya selama pelaksanaan kegiatan Penelitian
Tindakan Kelas dapat divisualisasikan melalui instrument penelitian sebagai berikut:
1. Lembar observasi Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP).
2. Lembar observasi aktivitas guru dalam
pelaksanaan pembelajaran
3. Lembar Kerja Siswa dan lembar soal post test
Teknik pengumpulan data selama pelaksanaan PTK
adalah tes tertulis dan observasi.
Teknik analisis data pada penelitian
ini difokuskan pada teknik analisis kualitatif guna mengetahui tingkat keberhasilan
Metode Problem Solving dalam soal IPS
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
di kelas V SD Negeri I Cijeungjing Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis.
Pembahasan
Dalam tahap perencanaan sesuai dengan salah satu
keterampilan mengajar yang telah dikembangkan yaitu pembelajaran dengan menggunakan
metode problem solving dalam pembelajaran IPS
tentang sejarah proklamasi Indonesia dalam siklus I, dan siklus II disusun secara sistematis
berorientasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Di dalam
perencanaan pembelajaran mencantumkan:
- Standar Kompetensi
- Kompetensi Dasar
- Indikator
- Tujuan Pe,belajaran
- Materi Pokok
- Langkah-langkah Pembelajaran
- Metode Pembelajaran
- Sarana dan Sumber Pembelajaran
- Penilaian
Kemampuan guru dalam menyusun
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sejarah proklamasi Indonesia di Kelas V SDN 1 Cijeungjing dengan menggunakan
metode problem solving sudah sangat baik. Nilai kinerja guru dalam membuat
RPP tiap siklusnya mengalami
peningkatan siklus I mencapai skor 67,5, siklus II mencapai skor 89. Sebagai
gambaran peningkatan dapat dilihat pada tabel dan grafik berikut ini :
Tabel 4.13
Nilai Kinerja Guru dalam
Membuat RPP Siklus I dan Siklus II
No
|
Siklus
|
Nilai RPP
|
1
|
I
|
67,5
|
2
|
II
|
89
|
100
90 Keterangan
80 Siklus
I
70 Siklus
II
60
50
40
30
20
10
Gambar 4.1
Rekapitulasi Penilaian dalam Membuat RPP
Siklus I dan Siklus II
Anda sedang membaca artikel tentang CONTOH ARIKEL
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SEJARAH PROKLAMASI INDONESIA
MELALUI PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPS BAGIAN
IV dan anda bisa menemukan artikel CONTOH ARIKEL
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SEJARAH PROKLAMASI INDONESIA
MELALUI PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPS BAGIAN
IV ini dengan url http://belliacantika.blogspot.com/2014/09/contoh-arikel-peningkatan-hasil-belajar_66.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel CONTOH
ARIKEL PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SEJARAH PROKLAMASI
INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN
IPS BAGIAN IV ini jika memang bermanfaat bagi anda atau teman-teman anda,namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.
0 komentar:
Posting Komentar