Home » » CONTOH ARIKEL PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SEJARAH PROKLAMASI INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPS BAGIAN IV

CONTOH ARIKEL PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SEJARAH PROKLAMASI INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPS BAGIAN IV



Beberapa jenis data utama yang dikumpulkan serta cara pengumpulannya selama pelaksanaan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas dapat divisualisasikan melalui instrument penelitian  sebagai berikut:
1.    Lembar observasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
2.    Lembar observasi aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran
3.    Lembar Kerja Siswa dan lembar soal post test
          Teknik pengumpulan data selama pelaksanaan PTK adalah tes tertulis dan observasi.
           Teknik analisis data pada penelitian ini difokuskan pada teknik analisis kualitatif guna mengetahui tingkat keberhasilan Metode Problem Solving dalam soal IPS untuk meningkatkan hasil belajar  siswa di kelas V SD Negeri I Cijeungjing Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis.
Pembahasan
Dalam tahap perencanaan sesuai dengan salah satu keterampilan mengajar yang telah dikembangkan yaitu pembelajaran dengan menggunakan  metode problem solving dalam pembelajaran IPS tentang sejarah proklamasi Indonesia    dalam siklus I,  dan siklus II disusun secara sistematis berorientasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Di dalam perencanaan pembelajaran mencantumkan:
    1. Standar Kompetensi
    2. Kompetensi Dasar
    3. Indikator
    4. Tujuan Pe,belajaran
    5. Materi Pokok
    6. Langkah-langkah Pembelajaran
    7. Metode Pembelajaran
    8. Sarana dan Sumber Pembelajaran
    9. Penilaian
Kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sejarah proklamasi Indonesia   di Kelas V SDN 1 Cijeungjing dengan menggunakan  metode problem solving sudah sangat baik. Nilai kinerja guru dalam membuat RPP tiap siklusnya mengalami peningkatan siklus I mencapai skor 67,5, siklus II mencapai skor 89. Sebagai gambaran peningkatan dapat dilihat pada tabel dan grafik berikut ini :
Tabel 4.13
Nilai Kinerja Guru dalam Membuat RPP Siklus I dan Siklus II
No
Siklus
Nilai RPP
1
I
67,5
2
II
89
   100
     90                                                                                  Keterangan
     80                                                                                       Siklus I
     70                                                                                       Siklus II
     60                                                                                      
     50
     40
     30
     20
     10
       
Gambar 4.1
    Rekapitulasi Penilaian dalam Membuat  RPP
     Siklus I dan Siklus II

0 komentar:

Posting Komentar